Fungsi Jasa Akuntansi Dalam Perusahaan

Fungsi Jasa Akuntansi Dalam Perusahaan

Banyak orang yang berfikir bahwa ilmu yang berhubungan dengan urusan hitung menghitung sangat membosankan. Bahkan ada pula yang membenci mata pelajaran ini. Padahal ilmu akuntansi sangat penting dan memiliki banyak manfaat yang dapat diterapkan diseluruh instansi, perusahaan, maupun badan usaha. Banyaknya yang membutuhkan ilmu akuntansi, membuat banyak peluang pekerjaan di bidang ini.

Akuntansi dapat didefinisikan dari dua sudut pandang yaitu dari sudut pemakainya dan proses kegiatannya. Dari sudut pandang pemakai, akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu disiplin ilmu yang menyediakan informasi kuantitatif entitas ekonomi (usaha) terutama yang bersifat keuangan dan dimaksudkan untuk berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi, serta menentukan pilihan di antara serangkaian tindakan-tindakan alternatif yang ada. Sedangkan jika dilihat dari sudut pandang proses kegiatannya, akuntansi dapat di definiskan sebagai proses pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, pelaporan dan penganalisaan data keuangan suatu organisasi (perusahaan).

Pentingnya Peran Akuntansi Bagi Perusahaan

Akuntansi memang memiliki peranan yang sangat penting dalam semua sektor. Tak hanya instansi saja yang membutuhkannya, perusahaan, badan usaha, hingga orang yang memiliki bisnis dari skala kecil hingga skala besar sangat membutuhkannya. Hal ini dikarenakan dengan adanya akuntansi tentu akan  mengetahui kegiatan keuangan dalam suatu perusahaan.

Coba Anda bayangkan, jika tidak ada ilmu akuntansi mungkin banyak perusahaan hingga saat ini tidak mengetahui apakah sudah mendapatkan keuntungan atau malah mengalami kerugian. Berikut ini akan dijelaskan mengenai peran penting akuntansi bagi sebuah perusahaan, yaitu:

Sebagai Sumber Informasi Keuangan

Peranan akuntansi yang pertama untuk perusahaan adalah sebagai sumber informasi utama mengenai kegiatan yang berhubungan dengan keuangan perusahaan. Dalam hal ini terdapat ada laporan keuangan dan juga pembukaan kegiatan keuangan perusahaan. Berdasarkan dua hal tersebut akan diketahui transaksi yang terjadi dalam perusahaan dalam kurung waktu tertentu. Semua data transaksi berserta dengan bukti pembayarannya akan dicatat secara detail, rapi dan rutin yang akan dituangkan dalam buku besar. Setelah itu akan dibuat laporan keuangan perusahaan.

Sebagai Analisis Bisnis

Data-data yang sudah dihimpun dan olah nantinya akan digunakan untuk menganalisis kinerja perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Berdasarkan dari data tersebut akan terlihat posisi keuangan dan juga kinerjanya. Hal itu dapat membantu perusahaan unuk mengetahui apa yang sedang terjadi dalam perusahaan. Selain itu perusahaan juga dapat membandingakan dengan data pada tahun sebelumnya. Jika kegiatan akuntansi yang dilakukan secara rutin dan tertata oleh perusahaan, hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi kelancaran perusahaan.

Sebagai Pengambilan Keputusan Investasi

Selain berperan sebagai sumber informasi dan analisis bisnis, dengan akuntansi juga dapat mengambil sebuah keputusan untuk investasi perusahaan. Untuk menginvestasikan dana, biasanya perusahaan akan berpedoman kepada data akuntansi yang ada. Melalui kegiatan tersebut dapat diketahui jumlah kebutuhan dana untuk jangka waktu pendek, menengah, hingga panjang. Kemudian akan memilih investasi mana yang tepat untuk menyimpan sejumlah uang tunai dalam periode waktu yang telah ditentukan sebelumnya oleh perusahaan.

Fungsi Jasa Akuntansi dalam Perusahaan

Sudah tidak menjadi hal yang asing lagi bahwa akuntansi memang sangat penting bagi perusahaan. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai fungsi akuntansi dalam perusahaan, yaitu:

Mengetahui Jumlah Keuntungan dan Kerugian Perusahaan

Fungsi utama dari kegiatan akuntansi bagi perusahaan adalah mengetahui data kerugian ataupun keuntungan. Kerugian dan keuntungan perusahaan tidak dapat diprediksi dengan jelas. Hal ini dikarenakan perusaahan dalam periode waktu tertentu ada kalanya mengalami kerugian. Selain itu tanpa diduga terkadang mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Sebab itulah sangat diperlukan untuk melakukan pencatatan semua transaksi perusahaan secara terperinci dan selalu di perbarui. Dari proses tersebut dapat dilihat tentang kerugian dan keuntungan yang diterima oleh perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Mengatur, Mengendalikan dan Mengawasi

Fungsi dari akuntansi bagi perusahaan lainnya yaitu untuk mengatur, mengendalikan, dan mengawasi aktivitas yang terjadi dalam perusahaan. Perusahaan selalu mengharapkan akan mendaptkan keuntungan yang bermanfaat untuk operasinal dapat berjalan dengan lencar dan sesuai perencanaan. Melalui akuntansi akan mengatur kegiatan transaksi dan mengendalikan biaya perusahaan. Selain itu semua kegiatan transaksi dapat diawasi dengan jelas dan untuk menghindari kecurangan-kecurangan pada perusahaan.

Sebagai Tolak Ukur

Dengan melakukan kegiatan akuntansi dengan benar maka akan sangat menguntungkan bagi perusahaan. Dalam kegiatan mengelompokkan, mencatat, dan mengidentifikasi semua transaksi secara rapi akan terbuat laporan keuangan. Laporan keuangan nantinya akan digunakan sebagai tolak ukur perusahaan dalam kemjauan dan tingkat pertumbuhan perusahaan tersebut.

Meeting Legal

Fungsi akuntansi selanjutnya adalah yang berhubungan dengan perancangan dan juga pengembangan suatu sistem. Misalnya sebuah sistem yang memastikan bahwa sebuah catatan dan laporan sudah memenuhi dan sesuai dengan persyaratan hukum. Sistem tersebut diperlukan untuk mengaktifkan kepemilikan atau pemilik wewenang untuk mengajukan kepentingan tertentu. Kepentingan tersebut seperti tentang pajak perusahaan.

Startax Consulting, Siap Melayani Segala Macam Persoalan Akuntansi Anda

Startax Consulting adalah solusi mudah untuk usaha Anda. Dengan didukung software akuntansi terbaik offline dan online sebuah aplikasi yang diciptakan sesuai dengan aturan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Serta tenaga accounting yang sudah sangat berpengalaman dalam mengatasi akuntansi. Kami akan membantu mengerjakan persoalan akuntansi usaha Anda baik mengelola persedian, hutang, piutang kas, bank, sistem akuntansi, pajak dan menyusun laporan keuangan (Neraca, Laba Rugi, Arus Kas, Buku Besar, Catatan Laporan).

Layanan yang kami berikan secara profesional dan selalu mengutamakan kualitas dengan selalu berusaha mengembangkan kemampuan. Selain itu kami juga menjaga integritas terhadap rahasia dan kepercayaan yang sudah diberikan. Komitmen kami dalam memberikan layanan jasa akuntansi yaitu memberikan saran yang objektif dan menyeluruh atas masalah akuntansi yang dihadapi. Namun kami tetap berpedoman pada undang-undang yang berlaku.

Untuk Anda yang sedang mencari atau membutuhkan Jasa Akuntansi. Jangan khawatir, Anda dapat menghubungi melalui tim kami. Untuk informasi lebih lanjut segera hubungi kami. Dengan senang hati siap membantu persoalan akuntansi Anda.

 

Terimakasih

Fungsi Jasa Akuntansi Dalam Perusahaan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasang Internet XL Home Banjarmasin

Pasang XL Home Banjarmasin Murah